Bakso: Makanan Lezat Sejuta Umat

March 20, 2019by admin0

Bakso: Makanan Lezat Sejuta Umat

Sumber dari : http://bonanza-beef.co.id/wp-content/uploads/2016/11/Bakso-Kuah.jpg

Bakso bisa dibilang adalah makanan sejuta umat. Kamu bisa menemukan penjualnya di banyak tempat. Terutama di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Malang, bahkan Medan. Variannya pun saat ini beragam. Kamu bisa menemukan yang isinya keju, cabai dan lain sebagainya. Baso, Makanan kuah yang satu ini paling enak kalau disantap sore hari apalagi cuaca sedang mendung dan rintik-rintik hujan meulai membasahi bumi. Tapi taukah anda apa sebenarnya bagaimana asal mulanya Baso itu? Ini ada sedikit cerita tentang Baso. Yuk disimak!

Pada awal abad ke-17 akhir dinasti Ming di Fuzhou. Hidup seorang anak yang bernama Meng Bo yang tinggal di sebuah desa kecil. Meng Bo terkenal sebagai anak yang baik dan berbakti kepada ibunya. Kebaikan dan kebaktiannya sudah tertenak diantara para tetangganya. Hingga suatu hari, ibunya yang mulai tua tak dapat memakan daging sebab giginya sudah mulai tidak dapat makan makanan yang sifatnya keras, seperti daging. Padahal daging adalah makanan kesukaan ibunya. Bayangkan saja, kalau kamu yang ada di posisi Ibunya, kamu favorit dengan makanan, tapi kamu tidak bisa makan makanan yang kamu suka itu.

Sebab itulah, Meng Bo berinisiatif membantu agar ibunya dapat makan daging yang menjadi kesukaannya. Sepanjang malam, Meng Bo memikirkan bagaimana caranya mengolah daging yang keras agar dapat dimakan oleh ibunya. Hingga suatu ketika, Meng Bo melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Melihat hal itu, Meng Bo langsung pergi ke dapur dan mengolah daging seperti cara tetangganya membuat olahan kue mochi. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya seperti bulatan bulatan kecil agar ibunya mudah untuk memakannya, dari aroma rebusan olahan daging itu tercium aroma yang sangat lezat. Sehingga Ibunya penasaran dengan aroma kaldu daging yang dibuat oleh Meng Bo itu dan ingin mencicipi makanan yang memiliki aroma sedap itu.

Setelah olahan daging matang, Meng Bo menyajikan olahan tersebut kepada ibunya. Sang ibu merasa gembira sebab tak hanya lezat namun adonan tersebut mudah untuk dimakan olehnya. Tak hanya sang ibu, Meng Bo pun merasa senang sebab sang ibu tercinta dapat merasakan makan daging kembali. Dan kini mereka sering memasak dan memakan bakso sebagai makanan utama mereka.

Cerita bakti Meng Bo dan sejarah bakso tersebar luas hingga ke seluruh Kota Fuzhou. Tak hanya tetangga namun banyak penduduk yang berdatangan untuk belajar membuat bakso yang dibuat Meng Bo. Dan resep tersebut terus menyebar hingga sampai ke Indonesia. Walau resep asli dengan resep Indonesia berbeda namun bentuk bakso yang bulat serta teksturnya yang empuk tetap sama layaknya resep Meng Bo.

Apakah anda tahu bahwa Baso ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dan kesehatan? Selama ini orang selalu berfikir bahwa Baso hanya sebagai pengganjal perut, karena bagi orang Indonesia belum bisa dikatakan makan kalau belum mengkonsumsi nasi. Padahal sebenarnya ada banyak manfaat di dalamnya. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari Baso:

  • Pertumbuhan tubuh. Protein dari bakso adalah protein hewani yang mempunyai struktur mirip dengan tubuh manusia, Daya cerna protein hewani lebih baik dibanding dengan protein nabati. Pada tubuh makluk hidup seperti manusia, protein merupakan penyusun bagian besar pertumbuhan badan seperti otot, kulit, jantung, dan paru-paru.
  • Kecerdasan otak. Orang yang sering memakan bakso akan mempunyai kecerdasan yang baik, dibanding dengan yang jarang makan bakso. Karena daging pada bakso mengandung berbagai vitamin yang baik bagi kecerdasan otak.
  • Penambah tenaga. Bakso mengandung lemak yang bermanfaat sebagai penyimpan energi dan tenaga. Lemak yang terdapat dalam daging bakso berfungsi sebagai sumber energi yang padat bagi tubuh manusia, Selain itu lemak juga berfungsi bagi tubuh manusia untuk membuat rasa kenyang yang lebih lama.

PT Sera Food Indonesia juga menginovasi olahan makan yang satu ini dalam bentuk frozen food. Sehingga konsumen bisa berkreasi sendiri sesuai dengan selara. Atau mungkin bisa mengikuti resep kreatif yang satu ini:

Hato Chicken Meatball Saos Manis Pedas with cheese
Bahan-bahan :
Hato Chicken Meatball : 200 g
Keju cheddar : 10 g
Bawang merah : 3 siung
Bawang putih : 1 siung
Bawang bombay : ½ butir
Saos tomat botol : 340 ml
Saos sambal : 3 sdm
Gula pasir : 50 g
Saos tiram : 1 sdm
Kaldu ayam : 1 sdm
Minyak goreng : 2 sdm (secukupnya)
Cara membuat :
Chop / cacah bawang merah, bawang putih dan bawang bombay
Tumis hingga harum
Masukkan saos tomat, saos sambal, gula pasir, saos tiram dan kaldu ayam
Aduk hingga matang kurang lebih 1/2 jam dengan api kecil
Goreng Hato Chicken Meatball dengan api sedang hingga matang, angkat dan tiriskan
Masukkan dalam saos manis pedas, aduk hingga merata dan berwarna kecoklatan
Angkat dan tusuk-tusuk dengan tusukan sate sesuai selera
Sajikan dengan parutan keju cheddar
Sajikan untuk : 4 porsi

References

Devin. (n.d.). Manfaat Bakso Bagi Kesehatan. Retrieved from MESINRAYA: https://www.mesinraya.co.id/manfaat-bakso-bagi-kesehatan.html

SejarahLengkap.com. (n.d.). Sejarah Bakso Masa Lampau – Asal Usul Nama dan Variasinya. Retrieved from SejarahLengkap.com: https://sejarahlengkap.com/indonesia/sejarah-bakso


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tetap Bersama Kami


DOWNLOAD PRODUK KAMI




PT SERA FOOD INDONESIA

Copyright Serafood.id All Right Reserved.