MARINASI: TEKNIK ANDALAN UNTUK DAGING EMPUK

July 4, 2019by admin0

MARINASI: TEKNIK ANDALAN UNTUK DAGING EMPUK

Sumber dari : http://jayakartanews.com/wp-content/uploads/2018/08/daging.jpg

Pasti Anda pernah memanggang daging ataupun steak kan? Namun yang didapat malah daging yang keras, bisa jadi ada yang salah dengan pengolahan dagingnya. Sebelum di panggang, biasanya daging diproses dengan cara di marinasi terlebih dahulu.

Proses marinasi sendiri merupakan proses perendaman daging dengan bumbu-bumbu, agar bumbunya lebih meresap dan daging lebih empuk. Namun, perlu diingat juga kalau proses marinasi terlalu lama dan terlalu banyak malah akan menyebabkan rasa dari daging menjadi tidak lezat. Sehingga waktu dan bumbu dari Marinasi harus pas.

Apa Saja Bahan Marinasi?

Sebenarnya untuk membuat marinasi itu hanya memerlukan 3 komponen utama yaitu bumbu rempah, asam dan lemak. Asam didapat dari bahan seperti jeruk lemon, nanas, tomat dan asam. Kandungan asam tersebut berfungsi untuk menetralisir aroma dari daging dan akan membuat daging menjadi empuk. Namun jangan menggunakan asam berlebihan karena bisa membuat warna daging menjadi merah dan daging juga akan menjadi lembek.

Lalu lemak atau minyak bisa menggunakan olive oil. Lemak sendiri memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan dari daging saat dimasak. Selain itu, minyak membuat warna dari daging menjadi coklat sempurna dan manis.

Sedangkan untuk bumbu, silahkan pilih sesuai dengan selera seperti lada, madu, kecap atau rempah lainnya.

Berapa Lama Waktu Marinasi?

Untuk marinasi daging membutuhkan waktu 1 jam lebih. Perlu diingat juga ketebalan dari daging juga menentukan sebentar atau lamanya proses marinasi. Semakin tipis daging makan waktu yang diperlukan juga lebih singkat juag begitu juga sebaliknya. Namun akan butuh waktu semalaman atau bahkan sampai dua hari jika daging hanya dioles dengan bumbu atau proses marinasi tersebut tidak diberi air, garam dan asam.

Bagaimana Cara Menyimpannya?

Daging yang sudah dimarinasi harus disimpan di kulkas. Karena kalau diletakkan di tempat terbuka makan akan mempercepat perkembangan bakteri. Lalu saat disimpan di kulkas pastikan juga tertutup rapat, sebab aroma dari marinasi bisa mengotori kulkas dan bisa merusak makanan yang lain yang ada di dalamnya.

References

Apriliyanty, V. (2018, 06 27). Berbeda-Beda, Berikut Waktu Marinasi Paling Tepat untuk Daging, Ayam, Sampai Seafood. Retrieved from sajiansedap: http://sajiansedap.grid.id/read/10888301/berbeda-beda-berikut-waktu-marinasi-paling-tepat-untuk-daging-ayam-sampai-seafood?page=all


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tetap Bersama Kami


DOWNLOAD PRODUK KAMI




PT SERA FOOD INDONESIA

Copyright Serafood.id All Right Reserved.